Fenomena Tidak Biasa Dari Miss V



Fenomena Tidak Biasa Dari Miss V [ www.BlogApaAja.com ]

Karena merasa malu atau risih, beberapa wanitamungkin enggan bertanya kepada orang lain mengenai kondisi organ kewanitaanya.Beberapa keanehan pada organ ini seringkali sudah lumrah, namun ada juga yangbisa merupakan tanda bahaya.

Vagina dihuni oleh banyak bakteri danmembutuhkan penanganan yang telaten agar kondisinya tetap sehat. Meskipunterkadang sepele, ada beberapa kondisi tak biasa yang perlu diwaspadai. Takjarang pula kondisi tersebut baru terasa gejalanya setelah penyakit yang ditimbulkanbertambah parah.

"Luka pada vagina seringkali tidak terasadan baru ketahuan setelah terjadi infeksi. Yang lebih mudah ketahuan adalahadanya benjolan di kanan kiri bibir vagina karena beberapa penyebab dan belumtentu berbahaya," kata dr R Muharram, SpOG dari Klinik Yasmin RSCM dalamperbincangannya dengan detikHealth seperti ditulis.

Beberapa keanehan pada vagina yang bisaterjadi antara lain:

1. Benjolan disekitar bibir vagina



Benjolan yang tumbuh di sekitar vagina dapatdisebabkan oleh berbagai macam sebab dan belum tentu berbahaya. Penyebabnyabisa sumbatan kelenjar, infeksi, bahkan tumor.

Kebanyakan benjolan terjadi pada kanan kirivagina yang terdapat sebuah kelenjar. Penyebabnya bisa disebabkan karenasumbatan dan bisa berkembang menjadi infeksi. Benjolan di sekitar vaginasebaiknya diperiksakan segera untuk mendeteksi kemungkinan tumor.

2. Keputihan



Vagina menghaslkan cairan bening dan takberbau sebagai pembersih dan pelindung. Jika cairan ini keluar secaraberlebihan, dapat menyebabkan keputihan. Tanda-tandanya cairan vagina yangmuncul disertai bau busuk, berwarna kekuningan dan lebih kental. Terkadang jugadisertai gatal.

Pada kondisi seperti ini, sebaiknya hubunganintim suami istri jangan dilakukan karena bisa berbahaya bagi kesehatan, yaitudapat mengakibatkan iritasi, peradangan dan infeksi wanita. Apabila keputihandisertai darah, bisa jadi itu pertanda kanker serviks.

3. Luka ataulecet



Luka pada vagina paling sering terjadi padaibu melahirkan karena ujung bibir vaginanya sedikit sobek sehingga perludijahit. Hubungan seks juga dapat menimbulkan luka atau lecet. Apabilamenemukan luka, jagalah kebersihan vagina untuk menghindari kemungkinaninfeksi.

4. Kentut saatbercinta



Ketika berhubungan seks, seringkali ada udarayang terdesak serta bersenyawa dengan cairan lubrikasi vagina. Akibatnya bisamembentuk gelembung-gelembung gas yang keluar dari rongga vagina sehinggaterdengar seperti kentut.

Jika kentut dari vagina disertai bau tidakenak, bisa jadi itu adalah pertanda terjadi robekan antara vagina dan kolon.Robekan ini bisa terjadi saat melahirkan atau akibat penyakit lain yang bisamenimbulkan infeksi.

5. Bau



Bau vagina memang dapat bervariasi sepanjangsiklus menstruasi bulanan. Namun bau vagina yang kuat atau busuk dapat terjadikarena beberapa penyakit seperti infeksi trikomoniasis, jamur, bakteri ataubahkan kanker serviks. Kurangnya kebersihan juga dapat membuat miss V berbau busuk.

6. Gatal



Gatal-gatal pada vagina juga dapat menjadipertanda infeksi jamur ataupun bakteri. Bisa juga karena kebersihan yangkurang. Jika berkembang menjadi peradangan atau iritasi, maka antibiotikdiperlukan untuk mengatasinya.

7. Haid taklancar



Siklus haid yang tak teratur menunjukkan tidakterjadinya ovulasi, yaitu keluarnya sel telur dari indung telur. Penyebabnyabisa karena stres yang berat, bisa juga karena terlalu gemuk atau terlalukurus.


Follow On Twitter