Cinta Sejati Atau Nafsu ?? Temukan Jawabannya Disini



Cinta Sejati Atau Nafsu ?? Temukan Jawabannya Disini [ www.BlogApaAja.com ]

Saat menjalin hubungan spesial dengan seorang pria, pernahkahAnda bertanya-tanya kepada diri sendiri apakah kisah asmara yang Anda jalaniitu berdasarkan cinta atau hanya nafsu semata? Ternyata jawabantersebut tergantung dengan bagian otak yang Anda gunakan.

Seperti dilansir oleh Female First, studi tersebut dirilis dalam Journalof Sexual Medicine dan menganalisis 20 penelitian yang berbeda serta berkaitandengan efek dari seks dan cinta. Penelitian yang dilakukan itu jugatermasuk scan otak orang yang melihat gambar erotis, gambar dari orang-orangyang dicintainya, makanan dan pemicu kesenangan lainnya.

Menurut peneliti, nafsu itu dipicu bagian otak yang mengontrolperasaan menyenangkan, yang berhubungan dengan seks dan makanan. Akan tetapi,cinta dipicu bagian dari otak yang berkaitan dengan kebiasaan.

Para peneliti mengatakan bahwa ada dua bagian otak yang bertanggungjawab untuk melacak bagaimana hasrat seksual berkembang menjadi cinta, yaituinsula dan striatum.

Jim Pfaus Profesor Psikologi di Concordia University, Montreal yang jugasebagai penulis utama studi itu mengatakan, "Kami menandai hal yangberbeda dalam mencintai, hasrat seksual serta kecanduan. Namun, semuanyadiproses di tempat yang sama."

Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak memperlakukan cinta sebagaikebiasaan yang telah terbentuk selama periode waktu yang panjang. Jadi, yangtadinya nafsu mungkin akan berubah menjadi cinta dan ditransfer menjadi bagiankebiasaan di otak. Pola yang sama terjadi ketika orang menjadi kecanduanterhadap obat. Sehingga, ungkapan kecanduan cinta ternyata benar-benar ada.

"Kebiasaan biasanya sesuatu yang buruk, tapi hal yang palingpenting adalah otak yang menetapkannya. Perubahan dari gairah menjadi cintaadalah sebuah mekanisme bonding dalam sebuah hubungan," jelasPfaus.

Pfaus pun percaya bahwa penelitian ini akan berfungsi sebagai landasanbagi penelitian lain. "Studi ini mengungkap evolusi yang bisa membantumemahami kecanduan, cinta dan sosial."


Follow On Twitter