Waspadalah Jika Sering Buang Air Saat Diet



Waspadalah Jika Sering Buang Air Saat Diet [ www.BlogApaAja.com ]

Bagi wanita yang ingin memiliki tubuh langsing, diet memang selalu jadi jalan keluar. Apalagi, jenis diet kini semakin beragam. Ada yang mengonsumsi obat-obatan hingga hanya mengonsumsi daging atau satu jenis buah saja.

Uniknya, semakin aneh, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencobanya terutama para wanita. Hal ini memang wajar karena bagi wanita penampilan merupakan hal utama. Tapi jika Anda sedang menjalani diet, pastikan kalau tak menimbulkan masalah kesehatan.

Terutama, bagi yang mengonsumsi obat diet. Itu karena, obat atau suplemen diet bukan tanpa efek samping berbahaya. Sering buang air kecil saat berdiet dianggap hal lazim, padahal ini juga bisa jadi tanda bahaya dan harus diwaspadai

"Jika Anda terus-terusan merasa haus dan sering buang air kecil atau buang air besar saat melakukan diet, tentu saja berat badan Anda turun. Namun bukan lemak yang menghilang dari tubuh Anda tapi air. Dan hal tersebut akan berbahaya jika diteruskan," ujar dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK dalam acara Health Seminar: Eat Well, Live Well During Ramadan.

Hal ini akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Efeknya akan membuat kulit Anda kering, sakit kepala hingga kehilangan konsentrasi. Jika dibiarkan dalam waktu lama bukan tak mungkin menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Penurunan berat badan yang baik adalah jika turun sedikit demi sedikit yaitu sekitar setengah hingga satu kilo per minggu atau 2 hingga 4 kilogram per bulan. Penurunan berat badan secara normal sebesar 5 hingga 10 persen dari berat badan awal saja, sudah berefek positif pada tubuh.

Mulai dari memperbaiki kontrol gula darah, tekanan darah, kolesterol, mengurangi risiko sulit tidur hingga mencegah osteoarthritis. Faktanya, semakin drastis berat badan yang hilang, maka semakin cepat bertambah lagi, jika Anda lengah sedikit saja terhadap diet Anda. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang mengalami efek yoyo saat melakukan diet.

"Diet yang sehat adalah dengan makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur yaitu olahraga seperti lari, jalan cepat, aerobik, atau menari. Olahraga tersebut dilakukan selama 45 menit dan sebanyak empat kali dalam seminggu," ujar dr Fiastuti.

Ia juga memberikan trik agar diet Anda efektif, berhasil dan tentunya menyehatkan. Dokter Fiastuti sangat mengajurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah terlebih dahulu sebelum makan makanan lain. Hal ini agar kebutuhan serat dari sayur dan buah sudah terpenuhi.

Anda pun lebih cepat merasa kenyang. Saat dihadapkan dengan banyak makanan dan perut sudah terisi, pasti mengonsumsi dengan tidak berlebihan. Hal ini sama dengan minum air putih segelas sebelum makan.




Follow On Twitter