Tips Agar Koper Awet



Tips Agar Koper Awet [ www.BlogApaAja.com ]

Koper adalah benda paling penting saattraveling. Pakaian, perlengkapan mandi, makanan dan lain-lain bisa Anda bawadengan ukuran koper sesuai selera. Tapi, jangan lupa merawatnya agar koper Andatidak cepat rusak.



Seringkali kita tidak memperhatikan koper kitasepulang dari traveling. Pakaian dan oleh-oleh berserakan, lantas koper kitataruh di pojok gudang seadanya. Padahal, sikap asal-asalan itu bisa membuatkoper cepat rusak. Saat Anda hendak bepergian, baru ketahuan ada masalah dengankoper Anda.

detikTravel, menyusun 5 tips yang bisa Andalakukan, agar koper tetap awet:

1. Segera keluarkan semua isi koper

Ketika selesai traveling, jangan malas untukmengeluarkan isi koper meskipun badan lelah. Segera masukan baju kotor ke mesincuci, baju bersih masuk lemari dan pernak-pernik lain dikembalikan ke tempatmasing-masing.

Jangan ada benda yang tersisa di dalam koper.Periksa semua kantong koper untuk memastikan. Barang bersudut lancip atauberat, bisa merusak koper jika tersimpan lama. Apalagi ada makanan tersisa yangbisa kedaluarsa. Kalau sampai membusuk di koper, duh! Terbayang repotnya Andananti saat membersihkan.

2. Lepas stiker tag dari maskapai

Jika bepergian dengan pesawat, maskapai Andapasti menempelkan stiker tag panjang penanda bandara tujuan. Jangan biarkan tagini menempel berbulan-bulan di pegangan koper Anda. Segera copotkan saat Andasudah kembali di rumah.

Ingat, lem pada stiker tag ini akan membuatdebu lebih lengket menempel. Semakin banyak perekat pada stiker yang bergesekandengan koper, semakin banyak pula spot untuk kotoran menempel.

Selain itu, stiker tag bekas akanmembingungkan petugas bandara dalam perjalanan Anda selanjutnya. Perhatikanlahwajah kesal mereka saat hendak memasang stiker baru ketika Anda check in,rupanya Anda masih membiarkan stiker tag lama, entah dari berapa kalipenerbangan, menempel setia di koper.

Bukan apa-apa, Anda pasti tidak mau kopersalah dikirim ke tempat lain, gara-gara petugas salah membaca kode bandaratujuan, akibat terlalu banyak stiker tag yang menempel.

3. Simpan di tempat aman

Jangan sembarangan juga menyimpan koper.Simpan di tempat yang kering, tidak lembab karena dekat kamar mandi ataurembesan air. Pastikan juga tempat menyimpan koper jauh dari jangkauan anakkecil, karena koper bukanlah mainan.

Pastikan juga tempat menyimpan koper bebas daritikus dan kecoak. Hewan menyebalkan ini bisa menyebabkan bau dan merusak koperAnda. Terkadang, bagian atas lemari baju menjadi pilihan untuk menyimpan koper,tapi jangan lupa dengan penutupnya agar tetap bersih.

4. Beri Kamper

Masukan kamper atau kapur barus setelah ruangdalam koper sudah kosong. Hal ini untuk menghindarkan koper dari bau tak sedapdan menjauhkannya dari serangga dan hewan lain.

Carilah kamper yang bagus, kalau bisa yangputih. Kamper berkualitas rendah, apalagi yang berwarna, bisa meninggalkan nodapada koper ketika habis menguap.

5. Bungkus plastik

Sebelum meninggalkan koper Anda di tempatnyauntuk waktu yang lama, bungkuslah koper Anda baik-baik. Bungkus plastik bisamenjadi pilihan sesuai ukuran koper. Anda bisa membeli plastik lembaran untukmembungkus koper, bisa juga menggunakan kantung plastik sampah jumbo untukmembungkus koper.

Dengan bungkus plastik, koper Anda akan bebasdari debu, serangga, tikus dan lain-lain. Debu hanya menempel di bungkusnya,tapi koper Anda tetap bersih di dalamnya.

Silakan mengikuti tips yang sudah diberikan.Dengan perawatan yang tepat, koper Anda bisa awet dan siap sedia untukdipergunakan dalam perjalanan Anda selanjutnya.


Follow On Twitter